Pembukaan Catur Terbaik untuk Pemula


Pembukaan Catur Terbaik untuk Pemula

Beberapa langkah awal dalam permainan catur bisa jadi merupakan langkah terpenting yang Anda jalankan. Pada langkah-langkah ini, Anda akan menentukan rencana awal Anda dan bertarung memperebutkan tempat di papan. Kebanyakan pemula tidak perlu menghafalkan persis langkah-langkah pembukaan dan justru harus berfokus pada prinsip pembukaan yang baik, seperti menguasai pusat dan mengembangkan perwira. Namun, berguna juga jika Anda mengetahui beberapa pembukaan yang umum, yang dapat membantu membangun rencana yang baik. Meski demikian, jangan terlalu mengandalkan hafalan karena Anda akan segera merasa tersesat.
Beberapa pembukaan catur terbaik untuk pemula adalah:
#1 Permainan Italia
Permainan Italia dimulai dengan 1.e4 e5 2.Kf3 Kc6 3.Gc4. Intinya adalah menguasai pusat dengan cepat menggunakan bidak dan kuda Anda, lalu menempatkan gajah di petaknya yang paling berbahaya. Anda juga mempersiapkan diri untuk rokade guna mengamankan raja.
Hasil gambar untuk Permainan italia catur
#2 Pertahanan Sisilia
Pertahanan Sisilia adalah pilihan terpopuler para pecatur agresif dengan buah hitam. Sering kali Putih akan bermain 2.Kf3 dan 3.d4 yang akan mengambil ruang di pusat, tetapi ini memberi keuntungan bagi Hitam untuk dapat menukar bidak pusat dengan bidak gajah.
Hasil gambar untuk Permainan catur sisilia
#3 Pertahanan Perancis
Pertahanan Perancis adalah salah satu pembukaan strategis yang perlu dipelajari tiap pecatur pertama kali. Setelah e5 (cepat atau lambat), kedua sisi akan memiliki rantai bidak. Salah satu risiko Pertahanan Perancis adalah bahwa gajah c8 terkadang sulit untuk dikembangkan.
Hasil gambar untuk Permainan catur pertahanan perancis
#4 Ruy-Lopez
Ruy Lopez adalah salah satu pembukaan tertua dan terklasik. Pembukaan ini diberi nama demikian dari nama seorang uskup Spanyol yang menulis salah satu buku catur yang tertua. Ruy Lopez menyerang kuda yang menjaga bidak e5. Putih mengharapkan agar serangan ini dapat memperkuat tekanan pada pusat hitam.
Hasil gambar untuk Permainan catur ruy lopez
#5 Pertahanan Slavia
Pertahanan Slavia merupakan pembukaan yang sangat solid, yang menjaga bidak d5 dengan aman. Semua perwira hitam dapat berkembang ke petak-petak alaminya, tetapi Hitam biasanya akan memiliki ruang yang agak sempit.

Namun, pembukan terbaik dari yang terbaik tentu saja pembukaan Menguasai Papan dengan Perwira Aktif dan Bermain dengan Cermat! Dan Anda tentunya sudah tahu cara memainkan yang satu itu.
Sumber : https://www.chess.com/id/article/view/pembukaan-catur-terbaik-untuk-pemula

Komentar